-->

31 Des 2012

Franky




Franky (フランキー Furanki ) adalah anggota kru dan pengurus kapal dari kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Franky memiliki tubuh Cyborg, pertama kali diperkenalkan dalam cerita berperan sebagai pemimpin Franky Family, sebuah genk yang menguasai kegiatan bawah tanah di jalanan Water 7. Ia sebetulnya bernama asli "Cutty Flam" (カティ·フラム) namun karena permintaan Iceburg, ia menggantinya dengan nama panggilan masa kecil untuk menyembunyikan identitasnya. Ia dilahirkan di South Blue namun ditinggalkan orangtuanya ketika berumur 4 tahun.


Pada awalnya, Franky dan pengikutnya menjadi musuh kru topi jerami di Water 7 namun dalam perkembangan situasi selanjutnya, memaksa mereka berbalik mendukung kru topi jerami. Pada akhir cerita, Franky Family memohon kepada topi jerami untuk membawa serta bos mereka karena merasa khawatir dengan nasib yang akan menimpa Franky setelah insiden di Enies Lobby. Bersamaan dengan keinginan Luffy untuk mencari seorang tukang kapal, Franky bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami untuk memenuhi mimpinya membuat kapal yang tangguh, yang mampu mengarungi semua jenis lautan dan mengendarainya. Ia adalah anggota kru kedelapan yang bergabung dengan Bajak Laut Topi Jerami dan juga bekas musuh kedua yang bergabung setelah Nico Robin. Setelah insiden di Enies Lobby, Franky memiliki nilai bounty sebesar 44.000.000 berry pada kepalanya.

Penampilan
Franky memiliki tubuh yang besar dan kekar. Tingginya mencapai 7 kaki, menjadikannya anggota kru kedua tertinggi (setelah Brook) dari kelompok Bajak Laut Topi Jerami. Sebagai hasil dari modifikasi yang ia lakukan sendiri pada tubuhnya, Franky berubah menjadi cyborg "BF-36" dengan bagian depan tubuhnya terbuat dari logam, sedangkan bagian punggung tetap (karena ia tak bisa mengoperasi sendiri bagian belakangnya). Bagian perutnya bisa membuka dan terdapat semacam ruangan, tempat ia biasa menaruh minuman kola sebagai sumber kekuatannya. Lengan bawahnya relatif lebih besar dibanding dengan lengan bagian atas. Tangan tersebut bisa berubah bentuk menjadi senjata otomatis ketika ia bertarung.

Dia memiliki rambut biru cerah disisir ala Elvis dan tato motif bintang berwarna biru di kedua lengannya serta sebuah kalung rantai emas yang besar dileher. Ia terbiasa hanya mengenakan celana dalam dalam kesehariannya, sehingga dijuluki orang-orang sebagai "cabul", dan kemeja pantai "Hawaiian" yang dibiarkan terbuka tak dikancing. Ia juga sering memakai kacamata hitam terlebih ketika ia mulai bersikap serius dan selalu bertelanjang kaki kemana-mana.

Dua tahun setelah timeskip, Franky pertama kali terlihat dengan potongan rambut cepak, kemudian seperti yang diungkapkannya, ia dapat mengendalikan potongan rambutnya dan mengubah gayanya dengan menekan hidungnya selama 3 detik. Ia juga memiliki bekas luka jahitan yang mengalir dari bagian belakang leher, memungkinkan seluruh tubuhnya telah dilapisi logam. Bahu, badan dan tangannya menjadi lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya, yang membuat penampilannya lebih menyerupai robot. Di dalam tangannya yang besar, terdapat tangan yang lebih kecil, yang keluar melalui sebuah lubang di telapak tangan. Tangan kecil itu biasa digunakannya ketika makan. Dia menggantikan bahunya dengan bola merah berukuran besar dan soket yang bertuliskan "BF-37", sikunya dengan engsel besar biru muda dan lengan dengan batangan balok besar biru cerah bertatokan bintang seperti ciri khasnya. Didalam bola bahunya yang besar, tersimpan senjata rahasia berupa rudal yang dapat ia gunakan untuk bertarung. Ia masih berpakaian seperti dulu, dengan kemeja pantai Hawaiian yang dibiarkan terbuka menampakkan dada dan mengenakan celana dalam di bagian bawah serta tanpa alas kaki.

Kepribadian
Franky adalah orang yang berkemauan keras, eksentrik, berjiwa bebas dan seringkali terang-terangan melawan aturan. Dia melakukan apapun yang dia inginkan, kapan saja dia mau. Kadang dia muncul sangat eksentrik dalam tindakannya dikarenakan tingkah laku yang aneh dan bakat untuk membuat hal-hal yang tak lazim seperti model Centaur Franky nya. Tergantung pada situasi dan dengan siapa dia berurusan, Franky cenderung cepat tanggap dalam bertindak menyelesaikan masalah seperti ketika membela orang lain atau mengambil tindakan jika teman-temannya dirugikan. Ia juga berkeyakinan kalau seseorang tak boleh dengan mudah dihakimi atau dimusnahkan, hanya dengan melihat penampilan atau karena siapa mereka.
Hal ini menyebabkan ia sering bertentangan dengan hukum. Karena sikapnya yang objektif dan protektif, ia mudah berteman dengan siapa saja termasuk dari kalangan masyarakat yang tak biasa, seperti preman jalanan dan bajak laut. Dia dipandang sebagai sosok "kakak" dan dikagumi banyak orang, seperti Nico Robin dan Franky Family. Ia dan Luffy memiliki beberapa kesamaan sifat, dengan pengecualian, Franky bersifat lebih dewasa.

Keduanya tumbuh saling menghormati satu sama lain selama insiden di Enies Lobby meski pernah saling berseteru di masa lalu. Juga ditunjukkan kalau kepribadian Franky dapat berubah secara instan, tergantung pada jenis minuman yang mempengaruhi sistem kerja tubuhnya. Ia bisa menjadi sangat keras kepala seperti ketika menolak permintaan Iceburg yang menyuruhnya meninggalkan Water 7 untuk menyembunyikan keberadaan cetak biru senjata kuno Pluton.

Kebiasaan lainnya, Franky suka menyebutkan sesuatu yang hebat dengan istilah "super" seperti "Aku sedang dalam keadaan " super " kuat, khususnya sepanjang minggu ini". Ketika menyebutkan itu, Ia sering menampilkan pose dengan menyatukan kedua tangannya lurus ke samping kanan atas, dengan bersandar pada lutut kanan yang ditekuk dan kaki lainnya lurus kearah yang berlawanan. Sambil menegakkan kepalanya, kedua tato ditangannya akan bersatu membentuk satu bintang. Dan sebagai efek tambahan, secara komik ada semacam ledakan atau cahaya yang bersinar sebagai latar belakang

Ia juga sering dikaitkan dengan istilah "cabul", karena cara berpakaiannya. Yang anehnya, ia menganggapnya sebagai suatu pujian ketika seseorang memanggilnya cabul. Kurangnya selera mode tampaknya berasal dari fakta bahwa kreativitasnya bersandar ke arah teknologi, yang menjelaskan gaya berpakaiannya tak lebih terdiri dari sebuah celana dalam, sebuah kalung rantai emas besar di lehernya dan kemeja santai "Hawaiian" yang hanya menutupi sebagian besar tubuhnya.

Emosi Franky

Saat mendengar suatu cerita atau dalam momen tertentu yang menyentuh hatinya, Franky menjadi lebih empati dan penuh kasih. Ia tak segan menangis tersedu-sedu menunjukkan perasaannya dan secara komik, ditunjukkan ia memainkan sebuah gitar sambil menyanyikan lagu sedih. Namun jika momen itu mengenai dirinya, ia berusaha menyangkal menangis sambil malu menyembunyikan wajahnya, dan memanggil semua orang di sekelilingnya dengan panggilan "bodoh" ketika melihat ia sedang rapuh.

Franky tidak pernah menyimpan uang. Ia berpendapat kalau masih memiliki sejumlah uang yang cukup untuk lebih dari satu hari menjadi suatu pemikiran yang mengerikan. Jadi, saat ia menyadari masih memiliki satu juta berry sisa uang curian dari Usopp, ia pulang untuk mengambil semua uang tunai lalu pergi ke bar dan menghabiskannya dengan membelikan semua orang minuman. Perilaku ini tampaknya tidak diikuti oleh sisa Franky Family yang ia tinggalkan.

Franky terbiasa memanggil orang yang tidak dikenalnya dengan nama julukan. Seperti memanggil Spandam dengan "Spanda" atau saat memanggil kru topi jerami ketika ia baru bergabung; contohnya memanggil Luffy dengan topi jerami atau Usopp dengan hidung panjang.

Dua tahun setelah timeskip sejak menjalani modifikasi, ia menjadi pusat perhatian dari Luffy, Chopper dan Usopp. Akibatnya ia sering berperan dan berbicara bagai seorang robot untuk menyenangkan mereka.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook RSS