-->

30 Des 2012

Jinbe



Jinbe ( ジンベエ Jinbē ) adalah seorang fishman spesies hiu paus, mantan Shichibukai dan kapten kedua kelompok Bajak Laut Matahari setelah Fisher Tiger. Gelar Shichibukai nya dicabut karena menolak ikut serta dalam perang melawan Whitebeard, serta secara terang-terangan membantu Monkey D. Luffy dan Bajak Laut Whitebeard. Namanya disebutkan pertama kali oleh Yosaku setelah Cerita Baratie Chapter 69 sebagai seorang Shichibukai, namun penampakannya baru muncul dalam Cerita Impel Down Chapter 528 sebagai Shichibukai terakhir yang diperkenalkan.


Ia kemudian bersekutu dengan Luffy dan kru topi jerami melawan pemberontakan Bajak Laut Fishman Baru dan Vander Decken IX terhadap Kerajaan Ryugu. Jinbe bahkan ditawari bergabung dengan kru topi jerami, namun menolak karena masih memiliki urusan yang belum selesai dengan Yonko Big Mom. Menurut anggota kru Bajak Laut Fishman Baru, ia memiliki nilai bounty lebih dari 400.000.000 berry.

Penampilan
Jinbe berasal dari ras Fishman spesies hiu paus yang bertubuh besar dan gemuk, mirip dengan penampilan pegulat sumo. Karakter wajahnya dibuat berdasarkan mitologi setan bangsa jepang seperti "oni"; seperti alis kuning dan bentuk cambang, serta hidung besar dan sudut bibir bawah mengarah ke atas. Ia juga memiliki sepasang taring besar yang memanjang ke atas hingga keluar mulut dari gigi bagian bawah dan bentuk telinganya lancip pada bagian atas. Selain itu, rambutnya berwarna hitam keriting panjang hingga ke punggung, yang memiliki dua garis berwarna emas (berwarna putih di anime) dan di kuncir bagian atasnya, serta memiliki janggut hitam lebat di dagu. Pada awalnya, dua garis di rambut Jinbe belum ada, termasuk janggut yang kemudian tumbuh secara bertahap dari waktu ke waktu. Permukaan kulitnya berwarna biru muda dan di kedua tangan dan kaki, masing-masing memiliki selaput, ciri khas ras fishman, serta sepasang insang merah kepucatan di kedua bahu. Ia juga memiliki semacam bekas luka berbentuk kilat di kepala yang memanjang dari samping hingga melewati mata sebelah kiri dan tato besar lambang Bajak Laut Matahari di depan dada.

Jinbe sering terlihat mengenakan pakaian tradisional ala jepang, dengan kimono berbagai pola dilengkapi sepasang sandal bakiak. Pada awal kemunculannya saat dipenjara di Impel Down, ia mengenakan kimono merah pucat berdesain kotak dengan tepi warna hitam, menutupi pakaian tradisional berwarna hitam polos bertepi warna putih. Saat masih menjadi pengawal kerajaan, ia memakai seragam khas kerajaan dan terlihat merokok pipa. Selama pemakaman Otohime, Jinbe mengenakan jas hitam. Ia memakai karakusa dan menggantinya dengan kimono desain bunga saat menjadi anggota Bajak Laut Matahari. Saat bertarung dengan Ace, ia mengenakan gi hitam dengan desain ikan pada kedua sisi dada, dan selempang merah dengan tanto yang terikat di sana. Dua tahun setelah perang saat menunggu Luffy di hutan laut, ia memakai kimono berpola daun-daun.

Dalam SBS Volume 63 saat Oda menggambar Shichibukai sebagai anak-anak, Jinbe terlihat sebagai anak kecil dengan rambut terang mengenakan gi compang-camping sedang berlatih Fishman Karate. Ia sudah memiliki sabuk hitam pada usia tersebut.

Anggota kru
Bajak Laut Matahari
Jinbe adalah teman baik kapten Bajak Laut Matahari Fisher Tiger dan dibesarkan bersama-sama di distrik fishman. Jinbe menganggapnya seperti keluarga sendiri dengan memanggilnya sebagai "kakak". Saat Tiger menyerang Mariejois dan menjadi musuh Pemerintah Dunia, Jinbe langsung mengundurkan diri dari tentara kerajaan dan bergabung menjadi anggota krunya untuk membantu tanpa berpikir dua kali. Jinbe sangat menghormati kepemimpinan Tiger dan selalu bijaksana terhadap pendapatnya. Saat Tiger terluka parah dan menolak menerima tranfusi darah milik manusia, Jinbe memohon kepadanya untuk tetap hidup meski tak berhasil, dan ikut menangis saat ia meninggal.

Sementara itu, hubungannya dengan Arlong tidak begitu baik. Meski bersama-sama dibesarkan di sebuah panti asuhan di distrik fishman, Jinbe secara terang-terangan mengungkapkan ketidaksukaannya pada sikap Arlong yang suka melecehkan warga Pulau Fishman, memanggil mereka sampah, saat ia masih menjadi tentara kerajaan. Setelah Jinbe menjabat sebagai Shichibukai, para kru Bajak Laut Matahari bubar dan terpecah menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil. Jinbe kemudian merasa bersalah telah melepas Arlong ke East Blue, yang melindunginya dari aparat secara tidak langsung dengan menjabat Shichibukai, apalagi setelah mengetahui ada satu anggota kru Luffy yang menderita secara pribadi di bawah kekuasaan Arlong.

Jinbei berteman dekat dengan Aladdin setelah menjadi kapten Bajak Laut Matahari menggantikan Fisher Tiger. Seperti dirinya, Aladdin juga mengerti tujuan Fisher Tiger, sama seperti ia mengerti alasan Jinbe tidak menghentikan Arlong. Salah satu alasannya bergabung menjadi Shichibukai adalah agar anggota krunya, termasuk Aladdin mendapatkan pengampunan dari Pemerintah Dunia dan bisa kembali ke Pulau Fishman.

Teman dan Sekutu

Jinbe sangat mengagumi dan menghormati Shirohige karena jasanya melindungi Pulau Fishman. Bahkan rasa hormatnya telah berkembang hingga menyatakan menjadi musuh bagi siapapun yang berniat jahat kepadanya. Jinbe menolak berpartisipasi dalam perang melawan Shirohige, meski itu berarti harus kehilangan gelar Shichibukainya dan kemudian dipenjara di Impel Down.
  • Portgas D. Ace

Jinbe dan Ace awalnya saling bermusuhan karena berkeinginan membunuh Shirohige dan saling bertarung selama lima hari tanpa henti. Setelah Ace bergabung dengan Bajak Laut Whitebeard keduanya menjadi saling menghormati. Saat Luffy sampai di Level 6 Impel Down, ia meminta ikut dibebaskan agar dapat membantu menyelamatkan Ace dari upaya eksekusi.


Jinbe terkesan dengan keberanian Monkey D. Luffy menerobos Impel Down dan ikut membantunya melarikan diri. Meski awalnya ia ikut membantu karena ingin menolong menyelamatkan Ace, namun kemudian Jinbe tumbuh menyukai dan menghormati Luffy saat melihat kapasitasnya. Ia menyatakan bahwa ia akan dengan senang hati menyerahkan nyawanya untuk melindungi Luffy saat di kejar Akainu, bahkan tak ragu-ragu menggunakan tubuhnya untuk menghindari serangan Akainu. Setelah mereka sembuh, Jinbe sangat berperan memulihkan kondisi mental Luffy yang terpuruk setelah kematian saudaranya.

Saat ia bertemu kembali dengan Luffy dan kru topi jerami, Jinbe mengungkapkan penyesalannya karena secara tidak langsung ikut bertanggung jawab atas perbuatan Arlong di East Blue, yang menyebabkan Nami harus hidup menderita sejak masih kecil. Setelah dimaafkan Nami, ia bersama kru topi jerami bertempur bersama-sama melawan Hody Jones dan krunya yang ingin merebut kerajaan Ryugu. Setelah pertarungan, Luffy meminta Jinbe untuk bergabung menjadi krunya, namun ia menolak karena masih terikat janji dengan Yonko Bajak Laut Big Mom. Meski begitu, ia mengatakan akan dengan senang hati bergabung dengannya setelah urusannya selesai.

  • Shichibukai


  • Crocodile

Ia tampaknya memiliki sejarah yang panjang dengan Crocodile. Jinbe mengerang marah saat ditempatkan di sel yang berdekatan di Impel Down. Hal ini dikarenakan niat Crocodile yang ingin membunuh Shirohige, orang yang dikaguminya. Namun di akhir perang, Crocodile menyelamatkan ia dan Luffy dari kejaran Akainu.

  • Gekko Moriah

Ia juga sepertinya mengenal Gekko Moriah karena saat perang di Marineford, Jinbe bisa tahu kelemahan zombie moriah adalah air laut. Mereka berdua lalu terlibat pertarungan dan Jinbe mengalahkannya dengan mudah.

  • Marshall D. Teach

Ia juga sepertinya mengenal Marshall D. Teach, seperti kebanyakan anggota kru Whitebeard lainnya dan langsung mengenalnya saat tanpa sengaja bertemu di Impel Down. Jinbe sangat marah kepada Teach atas perannya dalam eksekusi Ace, namun menjadi bijaksana dengan memperingatkan Luffy tentang Teach, bahwa sewaktu masih menjadi bagian dari kru Whitebeard, ia adalah individu yang tak boleh sembarangan dibuat menjadi lawan.

  • Boa Hancock

Jinbe belum pernah bertemu Boa Hancock sebelum kedatangannya mengunjungi Ace di Impel Down. Pada awalnya, ia agak tidak senang karena mengira Hancock bermaksud mengejek Ace. Ia juga tak percaya dengan perkataannya tentang kedatangan Luffy. Namun setelah perang, Hancock berkenan mengizinkannya tinggal di Amazon Lily dimana biasanya dia tidak akan membiarkan siapapun pria yang berani menginjakkan kaki di pulau tersebut.

Musuh 
  • Pemerintah Dunia

Jinbe adalah musuh Pemerintah Dunia dan Angkatan Laut saat ia masih menjadi anggota kru Bajak Laut Matahari, sampai semua kesalahannya diampuni saat bersedia menjabat sebagai Shichibukai. Namun karena perannya dalam perang kemudian, Jinbe sekali lagi menjadi musuh pemerintah dan marinir. Bahkan beberapa marinir seperti Sengoku sangat shock dengan keputusannya. Akainu dan Brandnew menyebutnya sebagai pengkhianat. Para Gorosei turut menyesal tentang komentar Jinbe terhadap penolakan gelar Shichibukai.
  • Akainu

Akainu sangat tidak suka dengan pengunduran dirinya dari Shichibukai, menyebutnya sebagai seorang pengkhianat. Meski awalnya Akainu lebih tertarik membunuh Luffy, namun kemudian ia malah berniat menghabisi keduanya. Akainu berhasil melukai Jinbe sekaligus Luffy dengan sangat parah melalui tangan magmanya.

Mengetahui naiknya Akainu menjadi Laksamana Kepala Angkatan Laut yang baru, Jinbe tidak membuang waktu untuk mengingatkan kru topi jerami tentang kejamnya para marinir sekarang sejak dibawah komandonya.

  • Hody Jones

Hody Jones menganggap Jinbe dan sisa kru matahari yang mengikutinya sebagai gangguan. Jinbe sebetulnya sudah waspada dengan segala kelakuan Hody Jones di distrik fishman, namun ia betul-betul shock saat mendengar pengakuan Hody Jones bahwa ia yang telah membunuh Otohime. Hody Jones membenci Jinbe karena tidak ikut membenci manusia setelah kematian Fisher Tiger. Namun ia lebih benci lagi saat mengetahui Jinbe bersekutu dengan manusia yang telah menghancurkan impian Arlong, menganggap Jinbe lebih rendah dari Raja Neptune.

Kemampuan dan Kekuatan
Sebagai seorang Shichibukai, Jinbe termasuk salah satu karakter terkuat dalam cerita. Ia pernah bertarung dengan Portgas D. Ace yang memiliki kekuatan Buah Iblis tipe Logia selama lima hari terus menerus. Ia mampu mengalahkan Shichibukai lainnya Gekko Moriah hanya dengan satu pukulan, dibandingkan dengan Luffy dan kru yang harus bersusah payah saat bertarung dengannya. Saat di penjara di Impel Down, ia ditempatkan di Level 6, sebuah level tempat kriminal paling barbahaya di dunia di tahan.
Jinbe juga memiliki kemampuan menganalisa yang cerdas. Ia mampu memperkirakan langkah Magellan dengan menduga ia akan memerintahkan semua kapal perang agar menjauh dari Impel Down. Saat pertempuran di Marineford, ia bisa memperkirakan bahwa para marinir merencanakan sesuatu saat Ivankov memberitahunya bahwa musuh mundur lebih jauh ke belakang. Ia juga bisa merancang strategi saat mengusulkan cara untuk menyelundupkan Luffy dan krunya ke Gyoncorde Plaza dengan cara menipu Hody Jones. Ia juga memiliki kecerdasan menavigasi kapal seperti saat kepergian mereka dari Impel Down.

Sejauh ini, Jinbe terlihat sebagai ras fishman yang paling kuat. Ia mampu mengirim terbang fishman raksasa hanya dengan satu tendangan. Akan tetapi, Jinbe mengaku bahwa dia tidak cukup kuat jika berada di darat. Meski begitu, ia bisa menjadi cepat saat mencegat Gear Second Luffy mencegahnya menyerang Blackbeard. Ia juga dengan mudah merobohkan daun pintu yang cukup besar yang digunakan sebagai rakit bagi Crocodile, Daz Bones dan Buggy. Namun jika sudah berada di dalam air, Jinbe sangat mendominasi. Ia dapat mengejar kapal perang saat membawa Crocodile, Daz Bones dan Buggy di atas rakit, bahkan dapat menghindari serentetan tembakan meriam dengan relatif mudah. Sebagai fishman yang hanya mengandalkan skill semata, Jinbe betul-betul seorang petarung yang ahli, dibandingkan pengguna kekuatan Buah Iblis lainnya. Ia juga memiliki kemampuan unik seperti kebanyakan Fishman lainnya, dapat berkomunikasi dengan ikan sekaligus dapat menyuruh mereka melakukan sesuatu.

Fishman Karate
Jinbe adalah master Fishman Karate, yang telah memegang sabuk hitam sejak masih kanak-kanak. Keterampilannya sedemikian rupa sehingga ia bahkan tidak perlu berkontak fisik langsung dengan musuhnya dan dapat membuat serangan jarak jauh yang sangat merusak, seperti memukul orang atau saat merusak kapal. Kepada kru topi jerami, Jinbe mengungkapkan bahwa teknik Fishman Karate memungkinkan ia untuk mengontrol semua air di sekitarnya, termasuk air dalam tubuh seseorang. Dengan kemampuannya, ia bahkan dapat memukul Luffy yang bertubuh karet, juga Caribou yang merupakan pengguna Buah Iblis Logia.

Haki
Tidak diketahui pasti apakah Jinbe memiliki salah satu kemampuan Haki, namun seperti kebanyakan karakter yang malang melintang di Dunia Baru, ia juga cukup familiar dengan Haki. Ia ikut berkomentar saat melihat Luffy melepas Haoshoku Haki kepada sebagian kru Bajak Laut Fishman Baru. Ia juga mampu mengimbangi pertarungan dengan Ace yang seorang pengguna Buah Iblis tipe Logia. Saat dipukul Akainu pertama kali, ia mampu menahannya dengan tangan meski kemudian merasa kesakitan karena panasnya.

Senjata
Saat masih menjadi tentara kerajaan Ryugu, Jinbe terlihat membawa sebuah tombak trisula meski belum pernah terlihat menggunakannya. Selain itu, ia juga terlihat memiliki tanto saat bertarung melawan Ace, dan tidak terlihat menggunakannya.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook RSS